Ngebolang di Kota Sendiri (1)


Jadi ya ceritanya hari minggu kemarin, tanggal 4 Mei, saya nemenin Risma (temen satu universitas) wisata kota di Jogja. Sebenernya saya juga belum pernah menjelajahi tempat-tempat di kota jogja sih, makannya sebelumnya saya disclaimer duluan sama Risma kalo saya juga gak tau-tau amat tentang Jogja, jadi harus siap nyasar :p.

Nah hari itu janjianlah kami untuk ketemuan di halte Transjogja Malioboro 2. Yup kali ini kami akan ngebolang dengan berjalan kaki, mbecak, dan transjogja. Tempat-tempat tujuan kami adalah:
1. Lumpia di depan hotel Mutiara yang katanya enak banget
2. (museum) Benteng Vedeburg
3. (mbecak) ke Taman Sari
4. Raminten yang di Kotabaru (tempat makan terkenal di Jogja)
5. Museum Affandi (Jalan Solo)

Destinasi pertama gagal karena mas lumpianya belum buka, haha. Mulailah kami berjalan menyusuri jalan Malioboro untuk pergi ke Vedeburg. Di sini si penjual tiket sempet ngecein (becandain) saya. Dibilangnya harga tiket masuknya 20.000, eh gak taunya cuma 2000, hahaha.

Fotonya gantian jadi ga ada foto berdua sama Risma, haha

Vedeburg sendiri berisi bermacam diorama-diorama dari mulai masa pra-kemerdekaan sampai pasca kemerdekaan, Bagus banget buat belajar sejarah. Akan tetapi sayangnya tempatnya panas, huhu. Kenapa? Masalahnya desain bangunannya itu tertutup dan memang di desain untuk ruangan AC, tapi ya itu, ACnya dimatiin, hahahaha.

Setelah mengelilingi Vedeburg akhirnya kami menuju pangkalan bapak becak untuk pergi ke Taman Sari. Saya coba menawar pake bahasa jawa, dan ternyata saya berhasil sepenuhnya make bahasa jawa, hahaha. Lumayan, dari yang tadinya tarif 20.000 ke taman sari jadi 15.000 saja.

Mulailah kami menaiki mbecak untuk menuju Taman Sari. Si bapak mbecak menawarkan kami terlebih dahulu untuk mampir ke tempat membeli oleh-oleh. Tapi karena Risma udah beli baju, jadinya kami langsung menuju Taman Sari.

Nah di Taman Sari ini kami sempet bingung, yang mana sih sebenernya tempat wisatanya, hahahaha. Masalahnya Taman Sarinya itu bercampur sama pemukiman warga, udah gitu kagak ada tanda atau papan petunjuk arahnya. Mulailah kami nanya-nanya dan sok-sok-an ngikutin orang-orang yang ada di sana. Oh dan ternyata ketemu situs masjid bawah air. Saya jujur baru tahu ternyata bangunan yang saya kira selama ini adalah taman air di dalam gua ternyata masjid. Diam-diam kami mengikuti seorang guide yang sedang menjelaskan asal usul taman sari. Sayang banget di Taman Sarinya sendiri gak ada penjelasan detailnya, jadinya ya gitu deh banyak orang yang ga tahu kegunaan tiap struktur di dalamnya. Ada yang berguna untuk menahan gempa, jadi sumur tempat wudhu, lantai sholat yang diluarnya ternyata dikelilingi air, dsb.
diambil dari: http://travel.detik.com/read/2012/05/25/173214/1925010/1025/syahdunya-masjid-bawah-tanah-di-taman-sari-yogya
Setelah puas ngunjungin situs masjid tersebut yang gak terawat dengan baik (masalahnya kami sempat mencium bau kotoran unggas di sana), kami balik lagi ke pangkalan abang becak. Iya kami gak berhasil nemuin tempat pemandian keratonnya, haha. Karena udah panas dan males juga akhirnya diputuskan untuk langsun ke Raminten saja. Saya tetap menawar pake bahasa jawa, tapi ternyata tarif pulang itu lebih mahal soalnya jalannya nanjak. Jadi kami kena 20.000 untuk sampai menuju halte transjogja di taman pintar. Dalam perjalanan kami (risma tepatnya) mampir dulu untuk membeli oleh-oleh.

Ini yang gak berhasil kita temuin. Gambar diambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/File:Jogjakarta,_January_2007.jpg

Tibalah di halte transjogja sisi taman pintar (atau halte senopati 2). Nah, untuk menuju ke Raminten kami menaiki transjogja jalur 2A sampai halte smp 5, kemudian dilanjutkan bus jalur 3A turun cuma satu halte setelahnya. Tarifnya hanya 3000 rupiah saja loh. Alhamdulillah kemarin ga sampe nunggu lama di haltenya. Biasanya saya bisa nunggu ampe hampir setengah jam soalnya, hahaha.

gambar diambil dari: http://www.yogyes.com/en/places/650/place.jpg

Nah di Raminten ini suasananya agak seru mistis gimana gitu.

logo raminten
 Mau tau cerita selengkapnya,  nantikan cerita selanjutnya ya....

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment