PAPs dan TOEFL ITP #2


Assalamu'alaikum semuanya....

Ini ceritanya saya mau lanjutin cerita dari Pascasarjana UGM #1. Nah dua syarat utama untuk mendaftar di pascasarjana UGM adalah punya sertifikat psikotes Bappenas atau psikotes yang diadain oleh UGM sendiri, namanya PAPs. Selain itu juga udah harus punya sertifikat tes bahasa Inggris macam TOEFL, IELTS, atau bisa juga ikutan tes di FEB UGM, namanya AcEPT.

Sebelum tahun 2014, dua tes ini sudah menjadi satu dengan rangkaian tes dan wawancara ujian masuk UGM, namun tahun ini (2014) dibuat berbeda. Ada untungnya juga sih prosedur tahun 2014, yaitu harus udah punya nilai psikotes dan tes bahasa Inggris. Untungnya adalah kita bisa ambil tesnya jauh-jauh hari sebelum tanggal pendaftaran, jadi hasilnya ketahuan apakah udah memenuhi syarat atau belum. Kalau belum memenuhi standarnya, bisa coba terus. Kalau sudah berhasil memenuhi nilainya, paling enggak kita udah 75% deh mantep. Tinggal nanti jalanin tes wawancara atau tes kekhususan lainnya kalau ada.

Nah, waktu itu saya sendiri mulai ikutan ITP bulan April 2014. Itu sih karena suami saya udah gemes banget, sebenernya nyuruhnya udah dari jaman dahulu kala (lebay :p). Saya ngambil tes ITP-nya di ELTI Jogja. Kalo gak salah ada beberapa tempat penyelenggaran tes ITP ini. Di FEB UGM juga ada deh kalo gak salah. Oh ya, kemarin saya bayar Rp. 300.000 deh buat ikutan tes ini (maap lupa). Nah kalo emang mau lebih murah, bisa ikutan AcEPTnya UGM, bayarnya Rp. 125.000 aja kalo gak salah. Tapi kalo emang niat mau daftar beasiswa sih saya saranin ikutan ITP aja, soalnya ini bisa dipake buat daftar ke berbagai macam institusi. Mahal dikit gak apalah.

Persiapan ikutan ITP saya jalanin selama dua minggu. Tiap pagi sebelum kerja saya coba ngerjain soal-soal grammar. Nah hari sabtu dan minggu baru digeber semuanya, dari listening, grammar, juga structure. Maklumlah ini tes formal pertama yang saya ikutin, jadinya agak cemas sebenernya, dan salah satu coping nya ya dengan belajar :p.

Nilai tes keluar seminggu kemudian. Alhamdulillah nilai saya di atas 500 lebih sedikit. Masih kurang puas sih sebenernya, huhu. Salah satu yang saya sesalkan ikut tes kemarin adalah saya ikut yang tes-nya malam. Udah capek seharian kerja jadinya cuma ngerjain dengan sisa-sisa energi deh, hiks (alasan ini mah sebenernya). Oh ya karena di persyaratan UGM diminta dua salinan untuk nilai tes bahasa Inggris dan psikotest, mending pas nerima hasilnya buru-buru di legalisir deh, soalnya legalisir makan waktu sekitar dua minggu. Biayanya Rp. 250.000 untuk dua salinan. Mahal sih sebenernya, tapi ya mau gimana lagi, hiks.

Nah kalo untuk PAPs bisa daftar di psikologi ugm. Coba aja cek webnya, nanti keliatan jadwalnya ada tanggal berapa aja. Saya sih saran kalo bisa ikutannya di weekend. Ga tau rasanya lebih rileks aja. Kalo oto Bappenas juga bisa dilihat di webnya ya. Kalo seumpama UGM terjangkau dari tempat domisili, saya sih saran ikutan PAPs aja soalnya lebih murah (PAPS 125.000 vs oto Bappenas 400.000). Untuk persiapan PAPs keknya saya belajar sekitar dua minggu juga deh (eh, lebih denk keknya). Mirip lah sama strategi waktu ITP. Tapi enggak tau kenapa tes PAPs ini bikin deg-degan. Mungkin karena ngeliat soal-soal di psikotes Bappenas yang bikin kening berkerut kali ya, hahaha. Emang kerasa lebih menekan karena susyeee. Oh iya, saya belajarnya pake buku persiapan tes oto Bappenas. Ya, namanya juga psikotes, soal-soalnya miriplah. Eh tapi di PAPs UGM, ada soal macam diagram ven gitu sih. Jadi ada pernyataan yang mesti kita gambarkan dengan gambar himpunan bulatan (macam diagram ven-lah).

Hasil dari PAPs akan diumumkan di web-nya juga. Tanggal pengambilannya juga nanti diumumin di webnya. Untuk ngelegalisirnya PAPs ini butuh waktu sekitar dua hari sejak fotocopyan sertifikat aslinya diserahkan ke bagian tata usaha psikologi UGM. Jadi ya abis nerima sertifikat aslinya kita mesti copy sendiri (saya waktu itu bikin lima, kalo gak salah emang minimal lima deh). Di psikologi UGM sayangnya ga ada tukang fotocopy, jadi kamu harus nyebrang ke FISIP dulu. Abis itu bayar ke bagian keuangan (@ Rp. 2500, karena saya legalisir lima maka bayar Rp. 12.500). Terus kasih deh fotocopyan kita ke bagian TU. Bagian keuangan dan TU ini ada di gedung A. Balik lagi dua hari setelahnya untuk ngambil legalisirnya. Agak rempong sih buat yang gak domisili di Jogja :(.

Oke deh segini aja dulu ya. Oh ya tadi kan di atas saya nyebutin enaknya tes TOEFL ITP dan PAPS ga masuk rangkaian UM UGM adalah kita bisa coba terus sampai memenuhi standar persyaratan. Nah, ga enaknya adalah rempong booo, hahaha. Iyalah, ini beruntung aja saya berdomisili di Jogja setahun terakhir ini. Coba kalo di luar Jogja, mesti bolak-balik berapa kali itu, :D.

Eh lupa, Alhamdulillah nilai tes PAPs saya sekali coba sangat memenuhi persyaratan buat daftar. Padahal bada' tes saat ditanya sama pak suami saya cuma bisa pasrah dan bilang "gak tau deh, semoga nilainya memenuhi (syarat)".

Kemudahan tes ITP dan PAPs yang saya jalanin gak lain karena doa dari keempat orangtua, dukungan luar biasa yang diberikan pak suami (yang ngebombardir saya tiap weekend dengan kata-kata "Ayo, Dek belajar" dan dengan semangatnya ngajak saya ke platinum -internet cafe- biar saya ga kegoda sama kasur), dan juga dengan persiapan serta doa yang saya lakukan. Terlebih lagi ni karena kehendak Allah yang memudahkan semua prosesnya, Alhamdulillah.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya....


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. kalau mau legalisir PAPS harus bawa sertifikat aslinya ga Puti?

    ReplyDelete
  2. How to win at Slots.lv - Blackjack, Roulette, Slots - JT Hub
    Slots.lv is the place to go for the 서귀포 출장샵 exciting new slots experience from 오산 출장안마 some of the best 서울특별 출장안마 providers at JamBase. 사천 출장샵 It is 김포 출장마사지 a top-quality site

    ReplyDelete