Pascasarjana UGM #1

Pengin sharing tentang segala macam yang berhubungan dengan pendaftaran dan seleksi pascasarjana UGM.
Berhubung tahun ini prosedurnya beda dari tahun-tahun berikutnya, berikut akan saya jelaskan:

1. Lihat persyaratan peserta di web UM UGM. Salah satu yang paling krusial adalah IPK S1. Untuk yang akreditasi programnya A, IPK harus lebih dari 2,5; untuk yang akreditasinya B, IPK harus lebih dari 2,75; Untuk yang akreditasinya C, IPK harus lebih dari 3.

Nah akreditasi ini bisa dibuktikan dengan fotokopi sertifikal fakultas (atau program studi) yang telah dilegalisasi. Biasanya mintanya ke bagian pendidikan akademik masing-masing fakultas. Kalo saya waktu itu mintanya ke bagian dekanat, etapi karena baru aja pembaharuan akreditasi (setelah sekian lama kagak diurusin update-annya) jadinya dekanat belum punya sertifikatmya, hahaha. Akhirnya ngomong sama bagian pendidikan fakultas di UGM yang saya tuju, dan ceritain kasus saya ini. Alhamdulillah bukti fotokopinya bisa diganti dari hasil comotan di situs ban pt. hahahaha.

2. Ini syarat yang krusial lagi, yaitu harus udah punya nilai tes potensi akademik (TPA) Bappenas atau TPA yang diadain oleh psikologi UGM (yang masih berlaku), dikenal dengan PAPs. Bagi yang belum punya bisa tes jauh-jauh hari sebelum masa pendaftaran berlangsung, karena kedua sertifikat ini bisa berlaku sampai 2 tahun. Selain punya nilai TPA, pendaftar juga harus punya nilau hasil ujian tes English, bisa TOEFL ITP atau IBT (yang diakui oleh IIEF), nilai IELTS (diakui oleh IDP), atau AcEPT-nya UGM. Minimal nilainya harus setara dengan 450 pada ITP.

Jadi ga akan ada tuh tes tertulisnya lagi karena udah punya ini. Kecuali kalo program studi tujuannya mensyaratkan tes tambahan ya. Ini ada enaknya ada enggaknya. Nanti bakal diceritain lebih lanjut deh ya di postingan selanjutnya.

Nah, kalo udah punya itu semua, tinggal daftar deh. Oh ya jangan lupa sih syarat berkas-berkas lanjutan kayak surat rekomendasi dari dua orang dosen atau atasan, surat keterangan sehat dari puskemas atau RS, plus rencana pendaftar pasca lulus. Info lebih lanjut bisa kunjungi situs um.ugm.ac.id ya...

Oke, sekian dulu. Akan berlanjut di cerita berbagai kerempongan saya dalam menyiapkan semua persyaratan tersebu, hihihi.

Sampai jumpa......!



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment