Empek-empek (resep)

Rebenernya ini resep bukan aseli dari saya (yaiyalah gak mungkin juga kali put...dirimu emang orang mana?). Resep ini pemberian dari tetangga saya yang aseli orang palembang, hehe. Gak ada aturan yang pas, intinya sih make ilmu kirologi aja :D. Yang berpengaruh adalah step by step dari langkah-langkahnya. Berikut resepnya.

Pertama kita buat adonan dari tepung terigu, kalo di blog2 lain namanya adonan biang.

1. tepung terigu (karena dari awal pake ilmu kirologi, jadi saya cuma pake 4 sdm saja)
2. air (gak usah banyak2. kira-kira segelas)
3. garam secukupnya
4. gula dikit aja (-/+1sdt)
5. penyedap rasa (dikit aja)
6. 3-4 bawang putih dihaluskan
*ada yang bilang pake sedikit minyak goreng biar lembut, tapi saya belum pernah coba

Adonan 2
1. daging ikan tengiri atau gabus (tapi kemarin saya bikin pake ikan batang) *makin banyak daging ikan, makin berasa. kalo waktu itu di rumah saya pake 1/2 kg ikan tengiri, kemarin karena coba bikin dikit cuma sekitar 200 gr-an
2. tepung sagu tani atau bisa diganti dengan tepung tapioka

Cara membuatnya:
pertama untuk adonan biang, campur semua bahan jadi satu, terus aduk-aduk biar rata. Masak di atas api (sedang aja) sampai mengental seperti lem. Kalau sudah, tunggu sampai dingin (boleh di taruh di lemari pendingin dulu kalo bikin empek-empeknya entaran).


Untuk adonan 2, pisahan daging ikan dengan durinya. Lalu hancurkan daging ikan, bisa pake pirikan ikan, gilingan, ataupun blender *eh sebelumnya ikannya dicuci dulu ya :p. simpan

Nah kalo dah pengin bikin empek-empeknya nih, siapkan adonan biang lalu campurkan dengan adonan ikan. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung sagu tani atau tepung tapioka. Ini di kira-kira aja, semakin banyak tepung sagu atau tepung tapioka, akan semakin keras empek-empeknya dan ikannya juga gak berasa. Jangan di tambah air lagi.

Kalo dah bisa dibentuk yaudah deh, bentuk sesuai selera. Bisa lenjer, kapal selam, dsb.

Rebus dalam air mendidih, angkat bila sudah mengapung. Sebenernya bisa juga langsung di makan, tapi lebih enak digoreng lagi...hehe.

Untuk cukanya, bahannya:
gula merah atau gula aren (di Sg saya pakenya black sugar)
asam jawa
air
*perbandingan gula merah: asam jawa: air= 100 (gr): 10 (gr) : 1 (gelas) **tapi sekali lagi, saya pake ilmu kirologi
bawang putih 5-8 siung, dihaluskan
ebi (jangan kebanyakan dan juga jangan kedikitan, 3 sendok makan aja) dihaluskan
cabe rawit (sesuai selera)
garam

caranya: campur gula merah, asem dan air, masak sampai gula larut, saring.
Lalu masukkan bawang putih, ebi dan cabe rawit. Tambahkan garam, masak hingga mendidih.

Nah, itu step by stepnya. tapi sekali lagi saya masaknya pake ilmu kirologi, hehe. Maaf ya kalo gak jelas. Selamat mencoba... ^^



ini foto empek-empek yang dibuat di Indo tapinya, hehe
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment