Al-Insan 1


Al Insan adalah surah kedua yang saya hafal dengan "hanya" mendengarkan lantunan Mishari Rasyid pada awalnya (surah pertama adalah surah As-Shaff). Yakin bisa hafal cuma dari mendengar saja? Hehe, ya gak lah. Makannya saya bilang kan pada awalnya :p.

Hafal yang saya maksud adalah otak saya bisa merekam lagu yang dilantunkan oleh Misyari pada saat membaca surat ini. Tentunya untuk masalah makhrajnya saya masih harus menghafal lewat "membaca". Biar gak salah tentu saja sebenernya bunyinya seperti apa.

Saya merasa bahwa dengan mengetahui nada otak saya jadi bisa merekam jikalau saya salah melantunkan ayat selanjutnya (soalnya nadanya jadi gak enak di dengar :p). Itu kelebihan menghafal dengan mendengar menurut saya. Tapi tetep aja sisi buruknya adalah ketika menyetor hafalan, sisi tajwid saya tentu saja kacau balau :D.

Gara-gara saya suka banget sama surat ini (suka karena lantunannya dan artinya tentu saja), saya meminta a' Delta menjadikannya hadiah di hari pernikahan kami.

Al-Qur'an bukan saja untuk dihafal, tapi untuk dijaga. Makannya sebutan yang hafal qur'an adalah hafidz/ah yang artinya penjaga. Nah, hafalan ini ternyata bisa hilang sodara-sodara, kalau tidak kita ulang-ulang. Dan itupun terjadi pada hafalan Al-Insan saya :(.

Karena itu kemarin mencoba mengembalikan total hafalan saya, sembari gosok (karena gak ada TV juga), jadilah saya memurajaah hafalan saya ini. Meskipun penyelesaian gosoknya jadi agak tersendat (karena tiap saya lupa, saya selalu ngecek Al-Qur'an), tapi Alhamdulillah hal ini cukup efektif bagi saya karena mau gak mau saya mesti me-recall ingatan saya supaya gosokannya cepet kelar, haha.

Di lain hari, sembari bebersih rumah, sepanjang aksi itu saya puter nih muratalnya mishari rasyid hanya pada 3 surah saja yaitu: Abasa, As-Shaff, dan Al-Insan. Alhamdulillah sejak dua hari itu hafalan saya pun sudah kembali kepada posisi yang seharusnya. Hehe.

Begitu saja sih cerita tentang hafalan Al-Insan saya ini. Semoga saya juga bisa konsisten menjaga surah yang telah saya hafal dan juga konsisten untuk menambah surah yang saya jaga :D. Mohon doanya ya teman-teman ;).



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment