Short Escape @ Goa Pindul


Jadi ceritanya si Viega Namira, teman kuliah saya di psiko, mau main ke Jogja tiga minggu yang lalu (tanggal 7 kalo ga salah). Tadinya saya cuma mau ketemuan aja gitu sama dia dan juga Sandra Lukita. Tapi ga taunya malah diajak sekalian buat cave tubing di Goa Pindul.

Awalnya sih kami cuma berangkat ber-6, Saya dan suami, Viega, Sandra, serta dua orang teman SMA Viega (Dita dan Hari). Rencananya juga a' Delta yang bakal nyetir mobilnya. Eh tapi ternyata pas kumpul di asrama Bawakaraeng, ada dua orang temennya Viega yang berasal dari Sulawesi, yaitu Amink dan Furqon, yang akhirnya ikut. Dua anak "ajaib" tapi super baik. Si Viega kenal sama mereka juga berkat kegiatan naik gunung, tapi kenalnya juga karena Amink itu temennya temennya Viega, nah bingung kan? haha. Meskipun cuma hasil kenalan-kenalan, tapi sumpah tuh anak berdua baik banget. Saya jadi belajar bahwa perjalanan travelling itu bener-bener salah satu cara yang efektif untuk menambah daftar teman baik. Nah berhubung si Amink yang mengurus semua-muanya (tuh kurang baik apa coba die), jadi si Amink deh yang nyetir  pertama-tama di perjalanan menuju Goa Pindul, namun di tengah perjalanan, karena dia ngantuk, akhirnya gantian sama a' Delta.

Setelah melalui perjalanan yang mendebarkan (karena jalanannya berkelok dan a' Delta kadang juga ngebut, hihi), akhirnya kami berhenti tiba-tiba karena  tulisan "info wisata Goa Pindul". Kirain mah itu ya tempatnya udah deket, gak taunya itu semacam "guide" yang akan menunjukkan letak Goa Pindul dan minta bayaran atas jasanya. Karena sudah terlanjur berhenti mendadak (ini agak mendebarkan juga karena tepat di belakangnya bus besar langsung nglakson kenceng :p), yaudah akhirnya make jasa nih "guide". Lumayan sih kita ditunjukkin jalan lewat jalur alternatif, jadinya ga usah bermacet ria. Kita bayar sebesar 15ribu. Tadinya dipikir mahal gitu ya, tapi setelah ngeliat jaraknya yang jauh, itu mah harganya mayan murah lah. Oh ya "guide" dadakan ini ternyata ada di sepanjang perjalanan menuju Goa Pindul loh. Jadi, hati-hati aja terjebak sama "siasat" mereka ya, hehe.

Sampailah di Goa Pindul. Karena long weekend pengunjungnya jadi banyaaaaaak banget. Antriannya panjang. Kite aja nih buat cave tubing kira-kira ngantrinya sampai 3 jam, hahahaha. Padahal mah di goa-nya sendiri cuma 45 menit.

Untungnya si Amink dan Furqon ngebeliin paket river tubing sekalian (dengan harga mahasiswa karena mereka emang masih mahasiswa), so gak nyesel-nyesel banget antri 3 jam cuma buat gitu doank.

Dan ternyataaa, river tubing di Kali Oyo emang lebih menyenangkan dibanding cave tubing Goa Pindul. Ga rame, kalinya juga jerniih, dan pemandangannya indah. Bener-bener refreshing banget pas ini. Di tengah jalan kita akan menemui air terjun dan bisa lompat ke sungai kalo mau, sayangnya saya ga berani, hihi.

Nah karena berburu ngejar waktu ashar, saya dan a' Delta memutuskan untuk ikut rombongan pertama (selesainya cepet maksudnya). Jadi rombongan kami yang berjumlah 21 (gabungan dari orang lain) dipecah menjadi dua. Karena kami gak bisa jamak sholatnya, akhirnya kami memutuskan untuk menyudahi main-main di kali oyo. Meskipun menyudahi awal, ternyata waktu buat balik ke base camp  Panca Wisata udah mepet banget. Walhasil kami "terpaksa" ngambil wudhu di kali dan sholat di tepi sawah dengan keadaan pakaian yang basah, dengan pelampung sebagai sajadahnya. Sensasinya? dingiiiiiin, hahaha. Tapi bener-bener pengalaman yang gak akan pernah terlupakan. Mungkin karena di Singapura terbiasa sholat di mana saja (di pojokkan bandara, bawah tangga darurat, bahkan pernah di tengah bukit Botanical Garden), jadi kami fine-fine aja sih, hihi.

Oh ya, yang saya suka dari wisata Goa Pindul ini, ternyata pengelolaannya itu bener-bener masyarakatnya sendiri yang mengelola. Di tambah ya di sana sangat ditekankan azas kejujuran. Jadi misalnya di tengah air terjun ada yang jualan pop mie, tapi bayarnya boleh nanti aja di base camp. Kalo mau ke toilet juga cuma tersedia kotak dan daftar harga yang harus di bayar. Di kantinnya juga bisa bayarnya nanti. Jadi ceritanya karena kami balik duluan dengan keadaan kedinginan sementara tas ada di mobil yang kuncinya juga ga ada sama kami, walhasil kami ngutang dulu di warung deket base camp buat dua mangkok indomie dan teh anget. Dibolehin aja gitu, padahal kan sebenernya bisa aja kabur, hahaha.

Oke deh segitu dulu ceritanya. Ini ada hasil jepretan dari kamera temen-temen.

nunggu antrian sambil nunggu makan siang dateng

pose di depan base camp Panca Wisata
nunggu antrian masuk Goa

pose di depan Goa Pindul (sayang hasilnya burem karena dibungkus plastik)
pose berdua
pose lagi


mulai masuk Goa

river tubing

makan malam di bukit bintang :)







NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment